Budidaya Ikan Lele : Manfaat Daun Pepaya

Salah satu manfaat Daun Pepaya dapat menurunkan PH Air. Selain manfaat daun pepaya tersebut, ternyata ada manfaat lain yang lebih banyak lagi dari daun ini ketika kita membudidayakan ikan lele.

Berikut beberapa manfaat dan fungsi daun pepaya yang bisa diaplikasikan dalam budidaya ikan lele:

  • Obat setres saat ikan sedang kepanasan atau saat ikan baru di beli dan di masukan dalam kolam pembenihan atau penebaran.
  • Obat agar ikan bisa lebih santai dan slow dalam kolam. Caranya rajang halus daun pepaya trus sdikit di remas-remas, kalau sdh layu/lecek tebarkan ke kolam buat pakan ikan lele.
  • Mengurangi sifat kanibalisme di antara sesama ikan lele. Caranya cincang lembut daun pepaya terus di beri sedikit tetes tebu/Molase lalu di aduk-aduk sampai rata, biarkan kurang lebih selama 15 menit, baru di kasihkan ke ikanya,
  • Pakan alami sebagai Penambah daya Imunitas pada Lele. Caranya bisa di rajang atau langsung di lempar ke kolam
  • Untuk sterilisasi air kolam dari penyakit. Caranya adalah ambil daun pepaya dan tangkainya secukupnya sesuai dengan luas kolam yang anda miliki, perbandinganya 1 gengggam untuk 1 mtr persegi, cincang/rajang daun pepaya kecil-kecil terus di tumbuk sampai halus trus di tebar ke kolam secara merata.
  • Sterilisasi Kolam Terpal agar ikan tidak banyak yang mati saat penebaran benih dan pembesaran juga pemeliharaan. Caranya ambil daun pepaya terus tumbuk sampai halus kemudian campur degan air dan semprotkan ke seluruh permukaan daripada terpal atau campur dgn air kemudian di aduk-aduk diamkan selama 15 menit terus di saring dan di semprotkan ke seluruh permukaan terpal baru, biarkan ramuan kering Kurang lebih 5 hari kemudian bersihkan kolam dari kotoran daun pepaya bilas sampai bersih, kemudian kolam diisi air

sumber: http://jagonyabibitikan.com/

bibit ikan lele air tawar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *