Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
InternasionalPeristiwa

Anggota Dewan Asal Turki Tewas Usai Pidato Bela Palestina

×

Anggota Dewan Asal Turki Tewas Usai Pidato Bela Palestina

Share this article
Anggota Dewan Turki
Example 468x60

Seorang anggota parlemen oposisi Turki meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung ketika tengah berpidato membela Palestina.

Hasan Bitmez meninggal pada Kamis (14/12), dua hari setelah serangan jantung dan pingsan di depan parlemen usai berpidato mengkritik kebijakan pemerintah Ankara terhadap Israel.

Example 300x600

Dalam keterangan resmi Parlemen Turki, disebutkan Bitmez terjatuh ke lantai setelah berdiri di podium sebelum sidang umum.

Pada pidatonya, dia mengkritik Partai AK yang dipimpin Presiden Tayyip Erdogan, karena perdagangan Turki dengan Israel yang terus lanjut meski ada perang di Gaza.

Dia juga mengkritik hubungan perdagangan Ankara dan Tel Aviv yang masih berjalan, meskipun ada retorika tajam dari pemerintah Turki terhadap pengeboman militer Israel di Gaza.

Anggota parlemen dari partai oposisi Felicity (Saadet) itu meninggal di Rumah Sakit Kota Ankara.

Dilansir Reuters, politisi lulusan Universitas Al Azhar Kairo itu adalah Ketua Pusat Penelitian Persatuan Islam Turki. Dia sebelumnya bekerja untuk organisasi non-pemerintah Islam.

Turki dan pemerintah Erdogan merupakan salah satu dari beberapa pemimpin dunia yang bersuara lantang atas agresi Israel di Gaza.

Awal Desember ini, Erdogan mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan diadili karena kejahatan perang di Gaza.

“Selain menjadi penjahat perang, Netanyahu yang saat ini menjadi ‘penjagal Gaza’, akan diadili sebagai penjagal Gaza,” kata Erdogan seperti dilansir Reuters.

“Siapa saja yang menginvasi Gaza akan mencari tempat lain besok. Tukang Jagal Gaza, Netanyahu, mengungkapkan bahwa dia memiliki cita-cita ekspansionis,” ujar Erdogan, dikutip Anadolu Agency.