Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Sosial

Formasi, Jadwal, Syarat & Cara Pendaftaran CPNS 2024

×

Formasi, Jadwal, Syarat & Cara Pendaftaran CPNS 2024

Share this article
CPNS 2024
Example 468x60

INDOPENA.COM – Para pencari kerja di tanah air dan ingin menjadi abdi negara boleh bersuka cita. Pada tahun ini pemerintah kembali membuka lowongan calon aparatur sipil negara (CASN).

Hal ini diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden akhir pekan lalu. Jumlah lowongan yang dibuka mencapai 2,3 juta formasi.

Example 300x600

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” kata Jokowi.

Lulusan baru alias fresh graduate mendapatkan jatah yang lumayan banyak dari sebelumnya, dengan formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang. “Tersebar di instansi pusat 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu,” kata Jokowi.

Kemudian bagi tenaga non-ASN atau honorer akan dibuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).”Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” lanjutnya.

Rekrutmen CASN digelar sebagai upaya pemerintah untuk menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat. Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” kata Jokowi.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa seleksi CPNS 2024 belum dibuka pada bulan Januari ini. Ada kemungkinan bahwa seleksi CPNS baru akan dimulai pada bulan Maret atau April mendatang.

“Bulan ini kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi),” ungkap Anas.

Cara Pendaftaran CPNS 2024

– Masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.
– Buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
– Log in dengan memasukkan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan
– Lengkapi biodata
– Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan
– Lengkapi data pendidikan
– Unggah dokumen persyaratan.
– Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah
– Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
– Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar
– Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di akun SSCASN
– Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar
– Pemberkasan dan Penetapan NIP

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

– Kartu keluarga
– Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
– Ijazah
– Transkrip Nilai
– Pas foto
– Swafoto/selfie
– Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.