Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Peristiwa

Gempa Sebesar 5,3 Magnitudo Guncang Keerom Papua

×

Gempa Sebesar 5,3 Magnitudo Guncang Keerom Papua

Share this article
Keerom Papua
Example 468x60

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik dengan parameter update magnitudo 5,3 mengguncang wilayah pantai timur Keerom, Papua, pada hari Minggu, 10 Desember 2023, pukul 11.49.46 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,69° Lintang Selatan dan 140,73° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 38 kilometer arah barat daya Keerom, Papua pada kedalaman 54 kilometer.

Example 300x600

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas sesar aktif,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, Ahad, 10 Desember 2023.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip),” tambahnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Di Kabupaten Jayapura dirasakan dengan skala intensitas II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 12.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).