Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Jelajahi Desa Wisata Baselang Bakung Jaya

×

Jelajahi Desa Wisata Baselang Bakung Jaya

Share this article
Bakung Jaya
Example 468x60

Kampung Wisata Baselang Bakung Jaya merupakan salah satu Destinasi wisata di Kota Jambi yang mengusung konsep Community-Based Tourism (CBT). Secara Administratif Kampung Wisata Baselang Bakung Jaya, masuk ke dalam wilayah Kelurahan Bakung Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi, Lokasinya berada di pinggiran Kota Jambi tidak jauh dari bandara Sultan Thaha Jambi, dan sangat mudah di akses oleh wisatawan yang ingin menikmati nuansa perkampungan yang asri dan alami.

Kampung wisata Baselang Bakung Jaya berawal dari Kampung-Kampung Bantar (Bersih, Aman dan Pintar) yang merupakan program pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Jambi dan dari beberapa para Ketua RT yang sudah menjadi kampung bantar ini akhirnya bersepakat menjadikan kawasan mereka yang sudah bersih dan rapi menjadi kawasan Kampung Wisata yang dinamakan kampung Wisata Baselang, Bakung Jaya, dan kini kawasan Kampung Wisata baselang ini menjadi salah satu kampung yang indah dan asri berkat masyarakatnya yang mampu menggali dan memanfaatkan potensi pariwisata dan industri kreatif masyarakat sekitar.

Example 300x600

Kata “ Baselang “ sendiri merupakan istilah masyarakat Jambi, yang artinya bekerja bersama –sama dalam mengolah kebun untuk di tanami dari satu kebun ke kebun lainnya secara bergantian, dan ini sesuai dengan kultur masyarakat yang berada di kawasan kampung Wisata Baselang Bakung Jaya yang selalu menjaga tradisi gotong royong nya.
Bebebarapa atraksi yang dapat di temukan di kampung Baselang, antara lain :
1.Menanam, dan memanen sayur bersama warga kampung Baselang,
2.Berkeliling menjelajahi kampung Baselang dengan menggunakan sepeda dayung maupun sepeda listrik yang disediakan oleh Pokdarwis Baselang.
3.Belajar menabuh kompang serta menyaksikan dan ikut bermain layang layang Baselang yang unik, karena dimainkan di malam hari, dengan layang-layangnya yang bercahaya warna warni dan mengeluarkan suara yang saling bersahutan.
4.Menyaksikan dan belajar berseloko adat Jambi, yaitu salah satu bentuk tradisi lisan masyarakat Jambi yang seringkali ditempilkan dalam sebuah prosesi upacara adat, seperti prosesi upacara adat perkawinan.
5.Menyaksikan pembuatan dan membeli produk kerajinan dari pelepah pinang, serta aneka makanan produksi UMKM warga Kampung Baselang Bakung Jaya.
6.Menginap di Homestay Baselang, sambil belajar menjadi penyiar Radio di Studio Radio Cozy kampung Baselang.

Dan secara kelembagaan saat ini kampung wisata baselang di kelola penuh oleh Pokdarwis Baselang Bakung Jaya yang di Ketua oleh Bapak Maralli Rasoki Dalimunthe, dengan anggotanya para Ketua RT di Kelurahan Bakung Jaya, dan Lurah Bakung Jaya selaku Penasehatnya.