Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Jelajahi Geopark Ciletuh Sukabumi

×

Jelajahi Geopark Ciletuh Sukabumi

Share this article
Geopark Ciletuh
Example 468x60

Kawasan Geopark Ciletuh menawarkan sejumlah tempat wisata menarik yang jaraknya saling berdekatan. Alhasil, melakukan road trip mengelilingi kawasan wisata tersebut merupakan kegiatan menarik yang dapat dilakukan pada akhir pekan.

Jika perjalanan dimulai Kota Jakarta, maka jarak tempuh menuju tempat wisata pertama menggunakan mobil adalah 166 kilometer atau sekitar empat jam. Durasi perjalanan tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk situasi lalu lintas dan pilihan transportasi yang digunakan.

Example 300x600

Jika berangkat dari Kota Bogor area Kebun Raya Bogor, jarak tempuhnya adalah114 kilometer atau sekitar 3 jam 35 menit. Sementara jika dari Kota Depok area Situ Pulo adalah 149 kilometer atau sekitar 4 jam 15 menit. Perjalanan dari Kota Tangerang, jarak tempuhnya adalah 188 kilometer atau sekitar 5 jam 22 menit. Sedangkan untuk perjalanan dari Kota Bekasi, jarak tempuhnya adalah 162 kilometer atau sekitar 4 jam 30 menit.

Guna menghindari kemacetan, ada baiknya perjalanan dimulai pada pagi hari sekitar pukul 06:00 WIB. Jangan lupa untuk sarapan dan mengecek kendaraan pribadi agar perjalanan tetap aman.

Puncak Darma, salah satu dataran tertinggi di kawasan wisata Geopark Ciletuh, berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas. Lokasinya yang berada pada ketinggian 230 meter dari permukaan laut (mdpl) membuat pemandangan yang ditawarkan Puncak Darma mengesankan.

Dari sana, berbagai pemandangan dapat disaksikan mulai dari Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda, hingga deretan tebing, persawahan, hingga pantai Geopark Ciletuh. Menghabiskan pagi hari di Puncak Darma sambil menikmati matahari terbit dapat membuat pengalaman road trip menjadi lebih menyenangkan.

Setelah menikmati pemandangan di Puncak Darma, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Dogdog yang hanya berjarak 1,5 kilometer atau sekitar empat menit dari sana. Curug Dogdog terletak di Kampung Cimarinjung, Kecamatan Ciemas. Tempat wisata tersebut memiliki susunan bebatuan yang indah.

Kendati demikian, ada imbauan untuk tidak memanjat bebatuan tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terpeleset. Meski begitu, kamu tetap bisa bermain air di kolam yang dialiri oleh debit air terjun normal. Kamu juga bisa duduk-duduk sambil berfoto di bebatuan yang mengelilingi kolam.

Salah satu keunikan dari Curug Cimarinjung adalah aliran air yang mengalir ke Teluk Ciletuh sebelum berakhir ke Samudera Hindia. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang memukau karena pepohonan, tumbuhan, dan tanamannya masih asri. Suasananya yang tenang mungkin cocok bagi mereka yang hendak mencari ketenangan untuk meditasi atau yoga.