Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Jelajahi Keindahan Danau Kaolin Bangka Belitung

×

Jelajahi Keindahan Danau Kaolin Bangka Belitung

Share this article
Danau Kaolin
Example 468x60

Sejauh mata memandang wisatawan takjub akan keindahan danau jernih membiru. Danau Kaolin, sebuah danau dengan penampakan unik. Airnya biru meluas dikelilingi dengan bebatuan berwarna putih. Lokasinya berada di Jl. Raya Gadung, Desa Nibung, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Saking jernihnya, air danau bak cermin yang memantulkan panorama langit dan bebatuan.

Di balik keindahannya, Danau Kaolin terbentuk tidak secara alami. Sesuai dengan namanya Danau Kaolin dulu penuh dengan Kaolin, sejenis mineral yang terkandung dalam tanah. Keberadaan Kaolin menjadi saksi bisu kekayaan pertambangan di Kepulauan Bangka Belitung.

Example 300x600

Bekas tambang ini kini menjadi magnet wisatawan berkat keelokannya. Menambah jajaran wisata menarik di Bangka Belitung setelah batu besar di Film Laskar Pelangi.

Swafoto berlatar danau biru ini ternyata memberikan kesan yang khas. Seolah berada di tempat asing, keindahannya akan membuatmu betah berlama-lama. Kamu juga harus waspada, tanah di pinggir danau tak semuanya bisa dipijak. Sebagian tanahnya labil, apalagi saat musim penghujan.

Jangan khawatir, pagar pembatas telah disediakan agar wisatawan tak mendekati area rawan. Tunggu apa lagi, segera siapkan kamera dan ambil gambar sebanyak-banyaknya.

Berada di Danau Kaolin sekilas mirip wisata Danau Kawah Putih Ciwidey. Jangan salah, di Danau Kaolin kamu tak akan mencium bau belerang yang mematikan. Bekas tambang kaolin ini airnya tidak panas seperti Danau Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih Ciwidey terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Sedangkan Danau Kaolin merupakan galian pertambangan.

Meski telah ditinggalkan, alam merubahnya menjadi fenomena yang mengagumkan. Lanskap lubang terbengkalai terisi dengan air hujan. Air hujan bercampur dengan kandungan kaolin. Terjadilah reaksi kimia, hingga warna air genangan membiru jernih mengisi lubang tambang.

warna airnya juga beragam. Masyarakat setempat menyebut lubang galian tambang dengan sebutan “kolong”. Ada banyak kolong di bekas galian tambang. Warna biru muda mengindikasikan kolong berumur muda atau 10 tahun. Sedangkan danau berwarna hijau gelap dan cokelat ialah kolong tua.

Lubang galian memiliki kedalaman yang beragam. Di lubang yang dangkal bahkan dimanfaatkan anak-anak dan warga untuk bermain air. Jika ingin melihat lebih dekat, kamu bisa menyewa perahu kayuh. Kamu bisa mengelilingi birunya danau tentunya didampingi operator demi keamanan dan keselamatan.

Saat mengunjungi Danau Kaolin, pastinya siapkan baju yang menutupi tubuh dari terik matahari. Saat kemarau Danau Kaolin begitu panas. Carilah lokasi yang teduh dengan memanfaatkan pohon yang bisa ditemui. Pasalnya, sejauh mata memandang hanya akan terlihat gundukan tanah berwarna putih.