Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Jelajahi Pesona Pulau Moyo Sumbawa

×

Jelajahi Pesona Pulau Moyo Sumbawa

Share this article
Pulau Moyo
Example 468x60

Pulau Moyo terletak di utara Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Secara administratif, Pulau Moyo terletak di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumabawa.

Pulau Moyo memiliki luas 350 km2, pulau ini diampit hamparan laut lepas dengan pemandangan pantai berpasir putih dan perairan yang tenang. Pulau Moyo merupakan destinasi eksklusif untuk kalangan papan atas. Beberapa pesohor dunia tercatat telah berkunjung ke tempat ini.

Example 300x600

Pada tahun 1993, Putri Diana berkunjung ke Pulau Moyo untuk menenangkan diri, karena rumah tangganya dengan Pangeran Charles tidak harmonis.

Selain itu, sejumlah artis kenamaan juga berkunjung ke tempat ini, seperti Mick Jagger, vokalis Rolling Stones dan David Bowie, penyanyi dan penulis lagu.

Pulau Moyo terkenal dengan air terjunnya dan pantai berpasir putih yang sepi dan tenang. Kondisi Umum Pulau Moyo Pulau Moyo ditunjuk sebagai kawasan Konservasi Taman Buru dan Taman Wisata Alam Laut melalui SK Menteri Kehutanan No 308/Kpts – II/1986 tanggal 29 September 1986. Luas Taman Buru 22.250 ha dan Taman Wisata Alam Laut 6.000 ha.

Pengelolaan Kawasan Konservasi ini dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat, Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Wilayah dasar perairannya yang dangkal umumnya ditumbuhi berbagai jenis koloni karang dengan pola penyebaran yang bervariasi, antara mengelompok dan patchy coral serta merupakan habitat berbagai bioda karang.

Pada perairan yang dangkal dapat ditembus sinar matahari. Hal ini menyebabkan tumbuhnya berbagai biodata dasar perairan menjadi subur. Pulau Moyo terletak di daerah strategis, yaitu diantara obyek wisata lain seperti Gili Matra (Lombok), Taman Wisata Alam Pulau Satonda (Bima- Dompu) dan Taman Nasional Komodo.