Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Jelajahi Wisata Eksotis Gua Passohara di Bulukumba

×

Jelajahi Wisata Eksotis Gua Passohara di Bulukumba

Share this article
Gua Passohara
Example 468x60

INDOPENA.COM – Gua Passohara merupakan objek wisata alam eksotis dan tersembunyi di Bulukumba dekat dari Pantai Mandala Ria. Gua ini memiliki sumber mata air yang diperkirakan telah berusia ratusan tahun.

Gua passohara merupakan destinasi wisata yang berlokasi di dekat kawasan pantai Mandala Ria yang terletak di Desa Lembanna, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk sampai ke sini, wisatawan akan melalui medan yang cukup terjal dengan bebatuan licin sedalam 30 meter.

Example 300x600

Di ujung gua terdapat sebuah mata air yang diyakini telah berusia ratusan tahun. Mata air ini hingga saat ini masih digunakan oleh warga. Dengan kondisi yang minim pencahayaan, wisatawan perlu membawa alat penerangan sendiri saat berwisata ke tempat ini.

Di dalam gua terdapat danau yang indah. Untuk menemukan danau, pengunjung harus memasuki rongga bawah tanah dengan panjang kurang lebih seratus meter terlebih dahulu. Gua ini sendiri berjarak hanya sekitar seratus meter dari bibir pantai.

Di dalam gua Passohara terdapat sebuah mata air yang diperkirakan memiliki usia ratusan tahun. Bahkan ada anggapan bahwa mata air tersebut telah mencapai usia ribuan tahun. Sumber mata air ini diyakini ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Untuk sampai ke sumber mata air, pengunjung terlebih dahulu harus melewati bebatuan licin yang menurun dengan kedalaman 30 meter. Kondisi jalan menuju gua merupakan celah sempit sehingga pencahayaan tidak dapat mengandalkan cahaya matahari saja. Pengunjung yang datang perlu membawa alat penerangan tambahan jika ingin masuk.

Konon, aliran air dari gua ini terhubung dengan air di pantai Mandala Ria yang berjarak dua km dari lokasi. Jadi, apabila kondisi air di pantai dalam kondisi surut, air di dalam gua pun akan ikut surut. Begitu pula ketika kondisi air dalam kondisi pasang.

Di dalam gua terdapat kolam air tawar dengan air kehijauan yang sangat jernih. Pengunjung yang datang dapat menikmati kesegaran air di danau ini dengan berenang atau menyelam. Kesegaran air di gua ini mampu menghilangkan penat setelah menyusuri lubang gua yang lumayan terjal. Kejernihan air kolam membuat pengujung dapat melihat hingga dasar kolam. Semuanya nampak dari atas. Apalagi jika Anda mengambil kesempatan untuk berenang dan menyelam ke dasar kolam. Tentu semakin jelas ekosistem yang terdapat di bawah kolam sana.

Dinding gua passohara terlihat kokoh dengan warna kecoklatan. Gua ini makin mempesona dengan stalaktit dan stalakmit yang menghiasinya. Perpaduan antara dinding gua yang berwarna kecoklatan dengan air yang berwarna biru kehijauan sangat jernih menimbulkan kesan kontras yang indah dipandang mata.