Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Nasional

Jurnalis Palestina Motaz Azaiza Dievakuasi Ke Qatar

×

Jurnalis Palestina Motaz Azaiza Dievakuasi Ke Qatar

Share this article
Jurnalis Palestina
Example 468x60

INDOPENA.COM – Jurnalis foto Motaz Azaiza mengungsi dari Gaza, Palestina ke Qatar, setelah tiga bulan lamanya bertahan di zona perang antara Hamas dan Israel.

Motaz Azaiza adalah salah satu sosok penting yang mendokumentasikan dampak perang di Jalur Gaza dan mengabarkannya kepada dunia. Tidak heran jika, kepergian Motaz Azaiza dari Gaza viral.

Example 300x600

Dikutip dari Aljazeera, Azaiza mengumumkan di Instagram pada hari Selasa (23/1) bahwa ia meninggalkan wilayah yang terkepung sebelum menaiki pesawat militer Qatar di Bandara Internasional El Arish Mesir.

Namun, tidak jelas bagaimana dia bisa meninggalkan Gaza atau mengapa dia mengungsi.“Ini terakhir kalinya Anda melihat saya dengan rompi (pers) yang berat dan bau ini. Saya memutuskan untuk mengungsi hari ini.

Mudah-mudahan saya segera bangkit kembali dan membantu membangun Gaza lagi,” kata Azaiza dalam sebuah video.

Bang Motaz, begitu netizen Indonesia memanggilnya. Pemuda Palestina berusia 24 tahun ini menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia ketika ia memfilmkan dirinya mengenakan rompi dan helm untuk mendokumentasikan kondisi selama perang Israel, yang telah menewaskan lebih dari 25.000 orang di Gaza.

Israel melancarkan serangannya setelah Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.139 orang dan menawan lebih dari 200 orang. Liputan Azaiza sering kali berbentuk video mentah dan tanpa filter tentang anak-anak atau keluarga yang terluka yang tertimpa reruntuhan akibat serangan udara Israel.

Motaz mengatakan dia harus mengungsi karena banyak alasan. “Anda semua tahu sebagian tapi tidak semuanya”.

Dalam postingannya, ia terlihat dalam video hendak
menaiki pesawat berwarna abu-abu yang bertuliskan “Angkatan Udara Qatar Emiri.”“Video pertama di luar Gaza,” katanya dalam salah satu klip, mengungkapkan bahwa ini adalah pertama kalinya dia naik pesawat. “Menuju ke Qatar.” Ia juga membagikan video bagian dalam pesawat saat mendarat di Doha.