Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Budaya

Mengenal Festival Budaya Lembah Baliem

×

Mengenal Festival Budaya Lembah Baliem

Share this article
Lembah Baliem
Example 468x60

Fesival Budaya Lembah Baliem ini adalah sebuah destinasi wisata yang wajib dikunjungi pada setiap bulan Agustus ketika berada di kabupaten Jayawijaya. Festival ini juga favorit bagi turis baik domestik maupun mancanegara. Adapun tujuan festival ini diselenggarakan yaitu untuk memperkenalkan atau mempromosikan Papua terkhusus wilayah kabupaten Jayawijaya dengan cara memperkenalkan budaya tempat itu seperti bahasa,cerita rakyat (asal usul), tarian-tarian daerah dari masing-masing suku, kerajinan tangan yang berasal dari suku tersebut seperti; noken, ukiran kayu, koteka, tombak, dan sali-sali (rumbai-rumbai yang dari kulit kayu).

 

Example 300x600

FBLB ini lokasinya setiap tahun berpindah-pindah. Pada tahun 2019, festival ini berlokasi di Distrik Walesi, Lembah Baliem, kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Perjalanan yang ditempuh dari bandara hingga ke tempat lokasi yaitu 6,0 km dengan waktu kurang lebih 17 menit.

 

Selain bahasa, cerita rakyat (asal usul), tari-tarian adat, kerajinan tangan, dan juga keunikan yang terjadi pada festival ini berupa :

– Noken dengan mempunyai panjang 30 meter yang juga noken tersebut masuk dalam rekor MURI.

– Ada atraksi paralayang (flying fox) dari para TNI.

– Selama festival berlangsung, ada beberapa warga asli yang menggunakan baju adat dan berkeliling disekitaran pengunjung untuk menawarkan foto bersama dengan bayaran minimal Rp.50.000 untuk satu kali foto.

– Selain menikmati festival yang sedang berlangsung, pemandangan alami Lembah Baliem di sekeliling lokasi tersebut bisa ikut dinikmati.