Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
BudayaWisata

Mengenal Sejarah Benteng Otanaha

×

Mengenal Sejarah Benteng Otanaha

Share this article
Benteng Otanaha
Example 468x60

Gorontalo tak hanya memiliki pantai indah serupa Pantai Ratu dan Pantai Pohon Cinta. Tetapi, juga memiliki tempat wisata yang kental akan unsur sejarah di dalamnya.

Benteng Otanaha adalah salah satunya. Benteng tersebut merupakan peninggalan Portugis yang sempat singgah ke Gorontalo. Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa informasi penting soal benteng tersebut.

Example 300x600

Siapa tahu, Sahabat tertarik untuk datang ke sana. Sejumlah informasi yang dimaksud bisa dibaca di bawah ini!

Alamat dan Rute ke Benteng Otanaha
Benteng Otanaha berada persis di Jalan Usman Isa No Kelurahan, Dembe I, Kota Baru, Kota Gorontalo, Gorontalo. Benteng ini bisa diakses setiap hari, mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore.

Sahabat bisa memulai rute perjalanan ke Otanaha dari Gorontalo. Dari Gorontalo, Sahabat tinggal melakukan perjalanan ke arah Danau Limboto. Selama di perjalanan nanti, Sahabat akan menyaksikan panorama pinggiran danau yang sudah berbentuk rumah dan kebun.

Dibangun Atas Kesepakatan Bersama
Menurut catatan sejarah, Benteng Otanaha dibangun atas kesepakatan Raja Ilato dan bangsa Portugis. Benteng yang dibangun pada 1522 itu mulanya dibangun sebagai benteng pertahanan dari serangan lawan/

Sayangnya, Portugis melanggar kesepakatan mereka dengan Raja Ilato. Akibatnya, perang antar dua pihak pun terjadi. Singkat cerita, pihak Raja Ilato berhasil mengusir pihak Portugis dari tanah Gorontalo.

Sejak saat itu, Benteng Otanaha lazim dipakai oleh raja-raja setelah Raja Ilato. Di zaman sekarang, Benteng Otanaha menjadi salah satu objek wisata andalan Gorontalo.

Daya Tarik Benteng Otanaha
Ada beberapa daya tarik yang terdapat pada Benteng Otanaha. Hal itu bikin benteng ini cukup menarik di mata wisatawan. Adapun beberapa daya tarik tersebut adalah:

Struktur Bentengnya
Tak seperti benteng kebanyakan di Indonesia yang dibangun di tepi pantai, Benteng Otanaha justru dibangun di atas bukit. Benteng Otanaha sendiri memang berada persis di atas bukit Danau Limboto. Benteng Otanaha sendiri berdiri bersama dengan dua benteng besar lainnya. Benteng Otahiya dan Ulupahu adalah dua di antaranya.

Naiklah ke puncak Benteng Otanaha saat nanti ke benteng tersebut. Pasalnya, Sahabat bisa melihat panorama indah dari puncak benteng tersebut. Mulai dari pemandangan Danau Limboto, hingga pemandangan sunset.

Melihat Berbagai Jenis Burung
Selain tempat wisata, Benteng Otanaha juga merupakan rumah bagi berbagai jenis burung. Burung-burung tersebut biasanya hinggap di pepohonan yang ada di sekitar benteng.

Kehicap Ranting, Cucak Kutilang, dan Raja Udang adalah beberapa jenis burung tersebut. Tak cuma burung, beberapa ekor tarsius pun ada di sekitaran benteng ini. Kalau Sahabat mau melihat tarsius tersebut, Sahabat harus datang di kala sore atau menjelang malam.

Area Trekking
Tak hanya berwisata sejarah, Sahabat juga bisa berolahraga di sekitar Benteng Otanaha. Hal itu tak lepas dari adanya area trekking yang tak jauh dari benteng tersebut.

Area trekking di Otanaha sendiri berbentuk anak tangga yang berupa 351 buah. Di beberapa titiknya, terdapat area persinggahan yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Selama di area tersebut, Sahabat bisa beristirahat sambil menikmati udara segar di sekitar area tersebut.

Dekat dengan Beberapa Tempat Wisata
Benteng Otanaha tergolong strategis karena dekat dengan beberapa tempat wisata. Jadi, Sahabat bisa piknik ke tempat wisata lain setelah dari Otanaha. Bukit Layang dan Pantai Jurenai adalah beberapa di antaranya.

Demikianlah beberapa informasi soal Benteng Otanaha. Semoga bisa menambah informasi atau bisa menjadi referensi buat Sahabat.