Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Nikmati Keindahan Danau Tondano Sulawesi Utara

×

Nikmati Keindahan Danau Tondano Sulawesi Utara

Share this article
Danau Tondano
Example 468x60

Danau Tondano terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Danau Tondano yang berada di dataran tinggi Minahasa ini merupakan danau terbesar di Sulawesi Utara. Kedalaman Danau Tondano tinggal 13,5 meter.

Kondisi Danau Tondano semakin dangkal akibat sedimentasi yang terakumulasi setiap tahun. Hal ini berbeda dengan kondisi yang terjadi pada 30 tahun lalu. Pada saat itu, kedalaman Danau Tondano mencapai 30 meter.

Example 300x600

Sedimentasi danau juga berefek pada luas danau yang tinggal 4.700 hektare. Danau Tondano terbentuk akibat aktivitas vulkanis gunung purba. Danau Tondano juga merupakan obyek wisata Manado.

Wilayah Danau Tondano diampit oleh Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, Pegunungan Lembean, dan Gunung Masarang. Kawasan berupa padang hijau yang melebar hingga ke tepi danau. Udaranya dingin menyegarkan dengan pepohon rindang.

Dari tepi danau, wisatawan dapat melihat Gunung Kaweng. Selain itu, ada pulau yang terdapat di tengah danau. Aktivitas para nelayan dengan keramba atau penangkap ikan melengkapi suguhan pemandangan di daerah ini. Tondano merupakan danau yang menghasilkan ikan tawar, seperti ikan mujair, nike, payangka wiko atau udang kecil, pior atau kabos, dan lain-lain.

Sambil menikmati keindahan danau, wisatawan juga dapat menyantap ikan bakar dari restoran-restoran yang terdapat di tepi danau. Danau Tondano juga dikelilingi oleh sejumlah obyek wisata, seperti Sumaro Endo (resort dan rekreasi keluarga) di Remboken, Bukit Pinus Toliang Uki, dan Gua Tikus Tasuka.