Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Nikmati Keindahan Gunung Penanggungan dengan Poetoek Soeko

×

Nikmati Keindahan Gunung Penanggungan dengan Poetoek Soeko

Share this article
Poetoek Soeko
Example 468x60

Salah satu lokasi untuk menikmati kecantikan Penanggungan adalah melalui “Poetoek Soeko” di Desa Sukosari, Kecamatan Trawas.

Dari spot wisata yang baru dirilis April 2021 tersebut, kegagahan Gunung Penanggungan terlihat jelas dari sudut timur mata angin. Taman dengan beragam warna bunga di lokasi kemiringan tertentu membuat Poetoek Soeko layak disebut spot wisata kekinian.

Example 300x600

Tidak hanya taman, pengelola melengkapi lokasi wisata dengan kafe yang menyuguhkan beragam menu makanan kekinian, layanan sewa kuda dan ATV untuk berkeliling lokasi wisata hingga, hingga tenda.

Poetoek Soeko berada di lokasi strategis di sisi jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Mojokerto dari Kecamatan Trawas dan Kabupaten Pasuruan di Kecamatan Prigen. Spot wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Sukosari Makmur itu bersaing dengan banyak spot wisata yang ada sebelumnya yang juga menawarkan pemandangan Gunung Penanggungan.

Kepala Desa Sukosari Purnaji mengatakan, lokasi Poetoek Soeko adalah tanah kas desa yang semula dimanfaatkan untuk sawah. “Karena kami punya masalah dengan irigasi, akhirnya kami manfaatkan untuk wana wisata,” katanya. Wisata Poetoek Soeko dipilih sebagai lokasi Jambore Bumdesa Jatim 2022 pada 23-24 Juni 2022. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam gelaran tersebut menyampaikan kekagumannya terhadap lokasi wisata tersebut.

Menurut Khofifah, setiap sisi lokasi wisata tersebut memiliki panorama yang indah. Bahkan menurutnya, tempat ini jauh lebih indah dan lebih bagus jika dibandingkan dengan wisata Puncak yang ada di Jawa Barat. “Apalagi di Desa Sukosari ini begitu dimanjakan oleh Allah SWT. Ke kanan bagus, ke depan bagus, ke samping bagus, ke belakang juga bagus semua,” pujinya.

Khofifah secara khusus meminta Kepala Desa Sukosari untuk terus berinovasi menemukan titik-titik baru sebagai sudut yang menarik untuk dikunjungi. “Kalo ada inovasi yang tidak berhenti, kreativitas yang tidak berhenti tentu produktivitasnya juga akan makin meningkat tinggi,” kata Khofifah.