Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Nikmati Keindahan Pantai Warna-Warni Oesapa

×

Nikmati Keindahan Pantai Warna-Warni Oesapa

Share this article
Pantai Oesapa
Example 468x60

Pantai Oesapa menjadi salah satu lokasi favorit untuk berekreasi bagi warga Kota Kupang. Tempat duduk dan tenda payung warna-warni yang berjejer menambah semarak suasana saat menikmati matahari kembali ke peraduannya.

Kini, pantai yang terletak di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima ini terkenal dengan sebutan pantai warna-warni. Bukan karena pasir dan bebatuannya warna-warni seperti yang dimiliki daerah lain. Melainkan fasilitas pendukungnya yang berwarna- warni.

Example 300x600

Pantai Warna-warni Oesapa banyak terdapat kafe tepi pantai yang menawarkan aneka menu untuk menemani wisatawan. Tempat duduk dan tenda payung warna-warni disediakan pemilik kafe. Saat malam tiba, Pantai Oesapa diterangi lampu kelap-kelip dari kafe tepi pantai.

Lokasinya yang mudah dijangkau serta view-nya yang indah membuat Pantai Warna- warni Oesapa banyak pengunjung.

Dina Berek, salah satu pengunjung, mengaku senang datang ke Pantai Warna-warni Oesapa karena pemandangannya indah saat matahari tenggelam. Suasana pantai pada malam hari juga penuh warna karena lampu kelap-kelip dari kafe-kafe yang terbentang sepanjang pantai.

Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ini menuturkan, ia bersama teman-temannya sering datang ke Pantai Warna-warni Oesapa pada sore hari.

Menurutnya, Pantai Warna-warni Oesapa menjadi salah satu spot yang paling indah untuk jalan-jalan dan selfie.
Pengunjung lainnya, Asry Tampani mengatakan, sering berkunjung ke Pantai Warna- warni Oesapa karena mudah diakses. Suasananya sangat ramai, apalagi pada malam hari.

“Pokoknya asyik karena warna-warni lampu dari kafe. Ini mengundang banyak orang datang ke sini,” ujarnya saat ditemui di Pantai Warna-warni Oesapa, Rabu (12/9/2018).
Asry berharap pengelola dan Pemerintah Kota Kupang perlu menatanya menjadi lebih baik dengan menambah sarana penunjang, seperti parkir, WC umum yang memadai dan petugas keamanan. Asry mengungkapkan, banyak pengunjung mengeluh karena tidak ada WC umum.

Tris OM Bhoka, yang juga sering mengunjungi Pantai Warna-warni Oesapa mengatakan, salah satu kekurangannya ketiadaan WC umum dan area parkir.

“Karena area parkir tidak ada sehingga terjadi kemacetan lalulintas dan pengunjung tidak nyaman karena harus antre,” ujar Tris.
Kristiani AM Ragat mengatakan, penataan Pantai Warna-warni Oesapa sudah cukup baik. Terdapat banyak kafe tepi pantai dengan keunikan masing-masing. Keunikan tersebut menjadi daya tarik.

“Pantai ini lebih kreatif dari pantai-pantai lain yang ada di Kota Kupang. Desain kafe dan tempat duduk, aksesoris dan pemilihan warna ditentukan oleh mereka sendiri. Dan, itu menjadi ciri khas Pantai Oesapa yang tidak ada di pantai-pantai lain di Kota Kupang,” kata Kristiani.

Ia berharap warga sekitar pantai dapat menjaga keamanan. Warga juga menghargai pengunjung sehingga mereka nyaman berekreasi. Selain itu, pengunjung dan warga sama-sama menjaga kebersihan area pantai. “Tidak boleh membuang sampah sembaranga,” tegasnya.

Hal senada disampaikan para pengelola kafe di Pantai Warna-warni Oesapa. Pengelola Kafe Satu Kaki, Aris Anin berharap Pemerintah Kota Kupang membangun fasilitas penunjang seperti WC umum, lahan parkir, pemasangan lampu jalan dan listrik, sehingga dapat mendukung pengembangan wisata pantai dan usaha kafe yang ada.