Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Nikmati Pesona Kawah Putih Bandung

×

Nikmati Pesona Kawah Putih Bandung

Share this article
Kawah Putih
Example 468x60

Kawah Putih Bandung merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Tepatnya di kaki Gunung Patuha. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah Putih menjadi salah satu destinasi wajib, saat Moms berkunjung ke kawasan Ciwidey, Bandung.

Example 300x600

Kawah Putih Bandung adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Kawah Putih terletak pada ketinggian 2194 meter di atas permukaan laut, dengan luas total Danau Kawah Putih sekitar 25 hektar.

Dari luas tersebut, sekitar 5 hektar dijadikan area wisata, sementara lokasi kawah itu sendiri mencakup sekitar 3 hektar. Sebelum menjadi destinasi wisata, Kawah Putih digunakan sebagai lokasi pabrik belerang yang dikenal dengan nama Zwavel Ontgining pada masa kolonial Belanda.

Selama masa pendudukan Belanda, baru terungkap bahwa Kawah Putih Bandung sebenarnya adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, seorang peneliti yang saat itu tengah mengembangkan tanaman kina di Jawa Barat, berusaha mengungkapkan fakta ini.

Penemuan tersebut kemudian mendorong pengembangan Kawah Putih sebagai pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining. Meskipun telah ada pengetahuan lama tentang keberadaannya, masyarakat Indonesia baru mulai menjadikan Kawah Putih sebagai lokasi wisata pada tahun 1987.

Pada saat itu, Pemerintah Orde Baru melalui PT Perhutani (Persero) Unit III Jawa Barat dan Banten menjadikan Kawah Putih sebagai tujuan wisata. Kawah Putih terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Cara ke Kawah Putih Bandung dengan kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang, Moms dapat menaiki mobil L300 dengan tujuan Ciwidey. Setibanya di Ciwidey, lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot berwarna kuning menuju Situ Patenggang.

Alternatif lainnya adalah dengan menaiki bus dengan rute Soreang-Leuwi Panjang menuju Kawah Putih dari Kota Bandung. Setelah itu, turun di Terminal Ledeng dan berjalan kaki sekitar 1 kilometer ke Terminal Ciwidey.

Dari terminal Ciwidey, Moms dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkot berwarna kuning menuju Situ Patenggang. Jika menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, Moms hanya perlu mengambil jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo.

Setelah keluar dari tol, Moms dapat melanjutkan perjalanan ke Soreang dan menuju ke bagian selatan Ciwidey.