Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Viral

Perubahan Iklim Miliki Pengaruh Besar Pada Harga Kopi

×

Perubahan Iklim Miliki Pengaruh Besar Pada Harga Kopi

Share this article
Harga Kopi
Example 468x60

Ternyata, perubahan iklim dapat mempengaruhi harga kopi makin mahal. Harga kopi mungkin saja bakal naik imbas produksi kopi yang terganggu akibat terjadinya perubahan iklim.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, pohon kopi arabika terancam kehilangan 50% lahan yang sesuai bagi tanaman itu untuk tumbuh akibat perubahan iklim, khususnya di beberapa negara penghasil kopi yakni Brasil, Vietnam, Indonesia, dan Kolombia.

Example 300x600

“Dengan proyeksi perubahan iklim yang terus menunjukkan kemungkinan kenaikan suhu di wilayah tropis, kami menduga produksi kopi akan mengalami gangguan sistemik. Jika Anda mengalami gangguan suplai kopi pada tahun tertentu, dan jika tidak ada cukup kopi yang disimpan pada tahun-tahun sebelumnya, maka Anda bisa menduga harga kopi akan naik,” kata Peneliti dari University of New South Wales, Dr Doug Richardson, dikutip dari The Guardian.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di PLOS ONE, lahan yang sesuai untuk pertumbuhan kopi arabika mungkin bisa saja berkurang hingga 50% di empat negara produsen kopi, yakni Brasil, Vietnam, Indonesia, dan Kolombia.

Hasil ini didapatkan setelah peneliti berupaya mencari kondisi ideal dalam mengembangkan kopi, termasuk kualitas tanah, curah hujan, dan kisaran suhu. Mereka lalu memproyeksikan dampak lokal dari perubahan iklim pada 2050 dalam tiga skenario.

“Negara-negara utama penghasil kopi yang diteliti (Brasil, Vietnam, Indonesia, Kolombia) semuanya mengalami dampak serius dari perubahan iklim, dengan berkurangnya lokasi yang sesuai (untuk pertumbuhan kopi), dan peningkatan area yang nggak sesuai pada 2050,” demikian isi laporan berjudul “Expected global suitability of coffee, cashew and avocado due to climate change,” yang dipublikasikan di PLOS ONE.