Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Teknologi

Pesawat Militer Myanmar Overshoot di India

×

Pesawat Militer Myanmar Overshoot di India

Share this article
Pesawat Militer Myanmar
Example 468x60

INDOPENA.COM – Sebuah pesawat militer Myanmar mengalami overshoot atau melampaui landasan pacu saat melakukan pendaratan di wilayah India. Insiden ini membuat sekitar 12 orang mengalami luka-luka.

Seperti dilansir AFP, Selasa (23/1/2024), pesawat militer Myanmar itu hendak menjemput tentara-tentara yang kabur dari pemberontak bersenjata yang bertempur melawan junta negara mereka, saat insiden terjadi pada Selasa (23/1) waktu setempat di bandara utama di wilayah Mizoram, India.

Example 300x600

Pesawat jenis turboprop Shaanxi Y-8 buatan China yang dioperasikan militer Myanmar itu tergelincir dari landasan saat mendarat di Lengpui, bandara utama di Mizoram, pada tengah hari.

Seorang pejabat Otoritas Bandara India (AAI) di Lengpui, yang enggan disebut namanya, mengatakan kepada AFP bahwa penerbangan itu hendak menjemput 92 tentara Myanmar yang menyeberangi perbatasan India dari negaranya pekan lalu.

Insiden di bandara Lengpui itu membuat sekitar 12 orang mengalami luka-luka. “Empat orang di antaranya dinyatakan dalam kondisi serius,” ujar pejabat AAI tersebut.

Rekaman video insiden itu yang disiarkan oleh televisi lokal India menunjukkan badan pesawat angkut yang ringsek, terdampar di tengah rerumputan tinggi setelah meluncur ke bawah tanggul.

Penerbangan itu seharusnya membawa kontingen terakhir dari total 276 tentara Myanmar yang kabur ke wilayah India sejak pekan lalu untuk menghindari serangan pemberontak senjata di wilayahnya.

Bentrokan melanda sebagian wilayah Myanmar di dekat perbatasan India sejak Tentara Arakan (AA) menyerang pasukan keamanan pada November tahun lalu, yang mengakhiri gencatan senjata yang berlangsung sejak kudeta militer tahun 2021 lalu.

Tapi bulan ini, kelompok tersebut menyatakan telah mengambil alih kota besar Paletwa dan enam pangkalan militer di sepanjang perbatasan Mizoram.

Angkatan Udara Myanmar telah mengalami rentetan kecelakaan fatal selama satu dekade terakhir. Salah satunya tahun 2021 lalu, ketika sebuah pesawat militer Myanmar terjatuh sesaat sebelum mendarat di pusat kota Pyin Oo Lwin dan menewaskan sedikitnya 12 orang.