Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
InternasionalPeristiwa

Sebanyak Empat Ribu Orang Dievakuasi Akibat Letusan Gunung Api di Islandia

×

Sebanyak Empat Ribu Orang Dievakuasi Akibat Letusan Gunung Api di Islandia

Share this article
Islandia
Example 468x60

Gunung berapi di Semenanjung Reykjanes di barat daya Islandia meletus pada Senin (18/12) waktu setempat. Gunung tersebut memang sudah berminggu-minggu menunjukkan aktivitas gempa bumi yang hebat.

Akibatnya, sekitar empat ribu orang dievakuasi dari kota nelayan Grindavik dan spa panas bumi Blue Lagoon di dekatnya ditutup. Letusan dimulai di utara kota pada pukul 22:17 waktu setempat. Wilayah sekitar ibu kota Reykjavik mengalami peningkatan aktivitas gempa sejak akhir Oktober.

Example 300x600

Gambar dan video yang diunggah di media sosial menunjukkan lava yang keluar dari gunung berapi hanya satu jam setelah gelombang gempa atau peristiwa seismik, terdeteksi.

“Helikopter penjaga pantai dikirim ke daerah tersebut untuk memastikan lokasi pasti dan ukuran letusan,” kata Kantor Meteorologi Islandia. Seorang perwira polisi senior Islandia mengatakan bahwa letusan tersebut terjadi dengan cepat dan tampaknya merupakan peristiwa yang cukup besar.

Lava tersebut tampak mengalir ke segala arah dari retakan besar di gunung berapi tersebut. “Semburan (lava) cukup tinggi, sehingga tampak seperti letusan dahsyat pada awalnya,” ujarnya. Pada April 2010, letusan Gunung Eyjafjallajokull menyebabkan penutupan wilayah udara Eropa terbesar sejak Perang Dunia Kedua, sebagai akibat dari awan abu yang luas. Kerugian saat itu diperkirakan antara 1,5 miliar dan 2,5 miliar euro.