Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Wisata

Telusuri Keindahan Danau Gunung Tujuh

×

Telusuri Keindahan Danau Gunung Tujuh

Share this article
Danau Gunung Tujuh
Example 468x60

Danau Gunung Tujuh adalah adalah wisata danau yang bisa dikunjungi saat kamu di Jambi. Danau ini berada wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), tepatnya di Desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Seperti namanya, danau ini dikelilingi tujuh gunung yang menyediakan panorama indah. Ketujuh gunung tersebut adalah: Gunung Tujuh; Gunung Selasih; Gunung Madura Besi; Gunung Hulu Tebo; Gunung Jar Panggang; Gunung Lumut; dan Gunung Hulu Sangir.

Example 300x600

Danau ini berada persis di ketinggian 1.950 mdpl yang membuatnya didapuk sebagai danau tertinggi se-Asia Tenggara.

Ekosistem di Danau Gunung Tujuh masih terjaga sehingga panorama danau ini begitu indah dilihat. Hal ini bisa dilihat dari udara sejuk di sekitar danau ini, serta air danaunya yang jernih dan dingin. Merasakan sensasi mandi air yang luar biasa dingin di Danau Gunung Tujuh menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan dan petualang.

Wisatawan bisa menikmati panorama danau ini dengan berjalan-jalan di sekitar danau, berenang di tepian danau, atau menaiki perahu yang disewakan khusus di danau ini. Wisatawan juga bisa ikut menumpang perahu nelayan di danau ini untuk sekadar menikmati pemandangan danau atau bahkan ikut memancing ikan dengan mereka.

Selain danau, panorama gunung-gunung di sekitar Danau Gunung Tujuh juga tidak kalah menarik. Kehadiran gunung-gunung itu seakan menjadi penjaga danau ini. Panorama gunung-gunung yang indah di danau ini sangat cocok dijadikan latar foto.

Selain menikmati panorama danau dan gunung, wisatawan pun juga bisa berkemah di danau ini. Kebetulan, danau ini memiliki area yang memiliki pasir seperti pantai yang cocok untuk berkemah. Disarankan untuk membawa pakaian hangat dan alat perkemahan sendiri jika ingin berkemah di danau ini, karena pihak pengelola tidak menyediakan peralatan yang bisa disewa.

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau kaldera tertinggi di Indonesia karena lokasinya yang di atas gunung, bahkan di Asia Tenggara. Berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut, danau ini merupakan danau kedua tertinggi di Indonesia setelah 13 danau kecil yang terdapat di Gunung Talamau di Sumatra Barat. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer di atas permukaan laut, danau ini tak jauh dari kehidupan masyarakat pedesaan dengan segala hal yang asri dan alami.