Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Example 970x250
Nasional

Usai Disuntik TikTok Saham GoTo Turun 20 Persen

×

Usai Disuntik TikTok Saham GoTo Turun 20 Persen

Share this article
Saham GoTo
Example 468x60

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk malah anjlok usai pengumuman TikTok menyuntik modal Tokopedia US$1,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS).

Mengutip RTI, saham emiten berkode GOTO itu sempat dibuka hijau di level 109 pada perdagangan hari ini. Namun, harga saham mereka anjlok 20,37 persen ke level 86 pada penutupan sore ini, yakni setelah pengumuman resmi kongsi dengan TikTok.

Example 300x600

Supervisor Customer Literation and Education PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi menilai penurunan saham terjadi lantaran aksi profit taking yang dilakukan para investor.

Ia membandingkan pembelian 75 persen saham GOTO oleh TikTok dengan valuasi Tokopedia saat merger dengan GoJek beberapa waktu lalu yang menembus US$7 miliar.

“Kami melihat nilai yang dikeluarkan oleh TikTok untuk mendapatkan 75 persen saham Tokopedia senilai US$1,5 miliar terbilang dalam harga diskon. Ini membuat investor menilai pembelian ini terbilang murah dan menjadi penurunan valuasi Tokopedia,” kata Audi kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/12).

“Menimbang juga kenaikan harga saham GOTO pada bulan lalu mencapai 62 persen, ini mendorong aksi profit taking dari investor,” sambungnya.

Di lain sisi, Audi mengatakan investor menyoroti hilangnya kendali GOTO terhadap Tokopedia. Terlebih, perusahaan sempat memberikan bantahan adanya pengambilalihan lebih dari 50 persen saham.

Secara bisnis, ia melihat Tokopedia akan mendapatkan modal kerja baru senilai US$1 miliar. Lalu, GOTO bakal menerima arus pendapatan atau revenue sharing berkelanjutan dari PT Tokopedia.

“Kami melihat potensi perkembangan yang lebih besar dengan pangsa pasar yang dapat meningkat. Berdasarkan data Momentum Works, jika TikTok Shop dengan Tokopedia bergabung, maka pangsa pasar akan menjadi 27,1 persen di Asia Tenggara dan mengejar Shopee,” tuturnya.

“Potensi pergerakan harga, saya melihat target terdekat dapat menuju level 132 untuk GOTO,” ramal Audi.

Suntikan modal ini, membuat fitur layanan TikTok akan kembali buka mulai Selasa (12/12) dengan bisnis yang dikombinasikan di bawah Tokopedia.